LOMBA Membuat Business Plan (SBPC 2010)

SBPC adalah lomba membuat Business Plan yang bertemakan “syariah”. Business Plan untuk UKM (usaha kecil menengah), dengan jenis “produk”  bukan “jasa”. Peserta adalah mahasiswa (diploma 3 sampai S1 dari Perguruan Tinggi se-Indonesia) dan umum (usia 18 – 25 tahun). Peserta adalah tim yang beranggotakan maksimal 3 orang. Jadi, siapkan segera business plan anda karena total hadiah jutaan rupiah menanti! Buktikan dan ciptakan generasi pengusaha muda berbakat dan bertalenta di Indonesia!

info lengkap dapat dilihat di  http://sbpc.e2tc.org/2009/12/08/lomba-membuat-business-plan/

HADIAH LOMBA http://sbpc.e2tc.org/hadiah-lomba-2/

Juara I : Rp. 5.000.000,00 (lima juta)

Juara II : Rp. 3.000.000,00 (tiga juga)

Juara III : Rp. 2.000.000,00 (dua juta)

Juara Harapan I & II : Rp. 1.000.000,00 (satu juta)

JADWAL LOMBA http://sbpc.e2tc.org/jadwal-lomba/

No Kegiatan Waktu
1. Sosialisasi Lomba Awal Desember 2009
2. Pengumpulan Bisnis Plan Desember 2009 s.d 30 Januari 2010 (Stempel Pos)
3. Seleksi administrasi 20 – 5 Februari 2010
4. Penilaian substansi 15 Januari  s.d 14 Februari 2010
5. Pengumuman hasil 5 terbaik 20 Februari 2010
6. Presentasi Final Bisnis Plan 27 Februari 2010
7. Pengumuman Hasil Lomba  dan Pemberian Hadiah 28 Februari 2010

KETENTUAN LOMBA

  1. Semua naskah business plan tetap menjadi hak milik peserta dan tidak akan disebar luaskan oleh panitia.
  2. Segala hal yang berkaitan dengan keuangan keikutsertaan lomba merupakan tanggung jawab peserta.
  3. 5 (lima) kelompok peserta dengan business plan terbaik akan dipanggil untuk presentasi dihadapan tim juri lomba (pengumuman di sbpc.e2tc.org sesuai jadwal lomba).
  4. 5 (lima) kelompok peserta dengan business plan terbaik berkesempatan memperoleh investasi menjalankan usahanya.
  5. Pemenang lomba tidak otomatis mendapat fasilitas investasi usaha dari investor
  6. Keputusan tim penilai tidak dapat diganggu gugat.
KONTAK
Jika ada hal yang kurang jelas, silakan hubungi Eka Suswaini, ST., MT. (081328426995), atau melalui email di sbpc2010@gmail.com.
KRITERIA PENILAIAN

1. Kriteria Syariah.

  • Kehalalan pada produk dan proses
  • Manajemen Islami (aqad/kontrak kerja usaha Islami)
  • Sistem Keuangan sesuai syariah (sistem syirkah usaha)
  • 2. Kriteria Kelayakan Usaha

  • Daya saing usaha (aspek pemasaran, teknis & teknologis, organisasi & manajemen, finansial)
  • Daya guna usaha terhadap masyarakat (aspek sosial dan lingkungan)
  • Kesederhanaan implementasi usaha (tingkat kesulitan dalam menjalankan usaha)
  • PENDAFTARAN
    1. Biaya pendaftaran per kelompok peserta adalah Rp. 125.000,-.
    2. Biaya pendaftaran ditransfer ke Bank Muammalat dengan nomor rekening 6019239101715199 (atas nama Rahman Fauzan).
    3. Pendaftaran dapat dilakukan langsung (ke Lab.Inovasi dan Pengembangan Organisasi FTI UII) atau dengan mengirimkan formulir pendaftaran (dapat diunduh di sini) disertai biodata atau CV (curriculum vitae) peserta ke email sbpc2010@gmail.com dan melampirkan bukti transaksi pendaftaran dalam bentuk image (scan gambar).

    Pengusulan Business Plan

    1. Setiap kelompok peserta harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum mengirimkan naskah business plan.
    2. Naskah Business Plan ini harus ditulis sesuai dengan sistematika format penulisan (info lengkap di sini).
    3. Dibuat rangkap 3 (tiga) dan dapat dikirim langsung atau melalui pos dalam bentuk hardcopy dan softfile dengan lampiran syarat pendaftaran peserta, ke alamat :

    Panitia Sharea Business Plan Competition 2010, Lab. Inovasi dan Pengembangan Organisasi, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang Km 14,5. Telp. (0274) 895287 ext 142, Yogyakarta

    Persyaratan Peserta

    1. Mahasiswa aktif (Diploma maupun S-1 perguruan tinggi di Indonesia) dan umum (usia 18 – 25 tahun). Dibuktikan dengan fotocopy kartu mahasiswa untuk mahasiswa, dan fotocopy KTP untuk peserta umum.
    2. Peserta berkelompok dengan jumlah maksimal 3 (tiga) orang setiap kelompoknya.
    3. Business Plan yang dibuat dengan syarat:
      • Karya sendiri.
      • Belum pernah diikutkan dalam perlombaan sejenis.
      • Bukan business plan dari suatu usaha yang telah berjalan.
      • Bukan business plan pengembangan usaha.
    4. Bukan berasal dari lembaga pelaksana kegiatan (Lab. Inovasi dan Pengembangan Oganisasi).

    Sistematika Penulisan

    Naskah Business Plan ini harus ditulis sesuai dengan sistematika format penulisan. Naskah penulisan hasil Inovasi dan Kreasi tersebut harus diketik rapi pada kertas A4 dengan jarak 1,5 spasi, font 12, Times New Roman Style, dengan batas pengetikan: samping kiri dan batas atas 3 cm, samping kanan dan batas bawah 2 cm.

    Dengan tanpa mengurangi kreatifitas perserta terhadap penulisan business plannya, dalam lomba ini digunakan sistematika sebagai berikut:

    1.   Ringkasan Eksekutif

    2.  Latar Belakang Perusahaan

    2.1  Data Perusahaan

    2.2  Biodata Pemilik / Pengurus

    2.3  Struktur Organisasi

    2.4  Susunan Pemilik / Pemegang Saham

    3.  Analisis Pasar Dan Pemasaran

    3.1  Produk / Jasa Yang Dihasilkan

    3.2  Gambaran Pasar

    3.3  Target Atau Segmen Pasar Yang Dituju

    3.4  Trend Perkembangan Pasar

    3.5  Proyeksi Penjualan

    3.6  Strategi Pemasaran

    3.7  Analisis Pesaing

    3.8  Saluran Distribusi

    4.  Analisis Produksi

    4.1  Proses Produksi

    4.2  Bahan Baku Dan Penggunaannya

    4.3  Kapasitas Produksi

    4.4  Rencana Pengembangan Produksi

    5.  Analisis Sumberdaya Manusia (SDM)

    5.1  Analisis Kompetensi SDM

    5.2  Analisis Kebutuhan Dan Pengembangan Sdm

    5.3  Rencana Kebutuhan Pengembangan Sdm

    6.  Rencana Pengembangan Usaha

    6.1  Rencana Pengembangan Usaha

    6.2  Tahap-Tahap Pengembangan Usaha

    7.   Analisis Keuangan

    7.1  Laporan Keuangan

    7.2  Rencana Kebutuhan Investasi

    7.3  Rencana Arus Kas (Cash – Flow)

    7.4  Analisa kelayakan investasi

    7.5    Rencana Jenis Syirkah untuk kebutuhan Investasi

    8. Analisis Dampak dan Resiko Usaha

    8.1  Dampak Terhadap Masyarakat Sekitar

    8.2  Dampak Terhadap Lingkungan

    8.3  Analisis Resiko Usaha

    8.4    Antisipasi Resiko Usaha

    Lampiran

    1. Analisis Lingkungan Bisnis
    2. Proses Produksi

    Sampul/Kulit Muka Business Plan.

    1. Sampul/kulit muka business plan bebas sesuai kreasi.
    2. Hal pertama setelah sampul mengikuti format seperti ini.

    INFORMASI LENGKAP DI http://www.e2tc.org

  • Tinggalkan komentar